Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis yang Harus Anda Pahami

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis yang Harus Anda Pahami | Seperti yang kita ketahui, sistem ekonomi kapitalis saat ini banyak digunakan oleh negara-negara maju seperti Amerika, Eropa Barat, dan Australia. Bahkan bisa dibilang sistem ekonomi kapitalis merupakan sistem ekonomi yang banyak dianut di dunia saat ini.

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis

Kapital merupakan bahasa lain dari modal. Jadi kapitalisme diartikan sebagai sistem ekonomi yang didasarkan pada kepemilikan pribadi terhadap modal. Dalam Sistem ekonomi kapitalis ini menghendaki adanya kebebasan individu untuk melakukan segala kegiatan ekonomi tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.

Dalam sistem ekonomi kapitalis, semua individu memiliki hak mutlak untuk mengelola aset yang mereka miliki demi mengejar keuntungan yang dikehendaki. Tujuan utama kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh individu adalah mengumpukan keuntungan sebesar-besarnya.

Setiap individu juga dibebaskan untuk melakukan inovasi dan kreativitas yang diperlukan demi keberlangsungan kegiatan ekonominya. Selain itu, semakin banyak modal yang dimiliki, semakin berkuasalah mereka dalam sistem ekonomi kapitalis ini.

Ciri-ciri utama sistem ekonomi kapitalis adalah :

  • Adanya pengakuan hak milik individu.
  • Semua kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan pada mekanisme pasar yakni berdasarkan prinsip permintaan dan penawaran.
  • Modal adalah faktor penting dalam sistem ekonomi ini.
  • Setiap individu memiliki kebebasan untuk bekerja dan memperoleh pekerjaan.
  • Adanya kebebasan masyarakat untuk memanfaatkan sumberdaya ekonomi.
  • Semua kegiatan produksi berorientasi emncari keuntungan sebesar-besarnya.

Kelebihan Sistem Ekonomi Kapitalis

sebagai suatu sistem ekonomi yang banyak dianut di dunia ini, sistem ekonomi kapitalis tentunya memiliki beberapa kelebihan seperti :

  • Sistem ekonomi kapitalis mendorong pertumbuhan ekonomi dengan adanya fasilitas kompetisi terbuka di pasar.
  • Setiap orang memiliki kebebasan untuk memiliki aset pribadi dan sumberdaya produksi yang dapat memakmurkan hidupnya.
  • Munculnya persaingan bebas yang mendorong produsen untuk selalu menghasilkan produk-produk terbaru.
  • Semua tindakan atas dasar mencari keuntungan dianggap lebih efisien.
  • Adanya desentralisasi perekonomian dan bukan hanya dikuasai oleh pemerintah pusar.




Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis

Sebagai sebuah sistem, selain memiliki berbagai keuntungan di atas, sistem ekonomi kapitalis juga memiliki banyak kelemahan seperti berikut ini :

  • Banyak menggunakan tenaga kerja dengan upah yang rendah demi memaksimalkan keuntungan.
  • Munculnya kaum pemilik modal (borjuis) dan kaum buruh (proletariat) dengan keuntungan yang tidak seimbang. Sistem ekonomi kapitalis cenderung lebih banyak menguntungkan para pemilik modal, sedangkan efek keuntungan  yang diberikan kepada para kaum buruh hanya sedikit.
  • Adanya kesenjangan kondisi ekonomi yang sangat lebar antara para pemilik modal dengan kaum buruh. Dalam Sistem ekonomi kapitalis ini bisa saja yang terjadi adalah “yang kaya makin kaya, yang miskin justru makin miskin”.
  • Adanya monopoli pasar karena minimnya campur tanga pemerintah terhadap kegiatan ekonomi rakyatnya.
  • Banyaknya kecurangan yang terjadi demi meraih keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Kritik terhadap Sistem Ekonomi Kapitalis

Saat ini belum ada satu negara pun di dunia yang berhasil menerapkan sistem ekonomi kapitalis seutuhnya. Bahkan negara Amerika yang telah mendeklarasikan menganut sistem ekonomi ini tidak bisa sepenuhnya menerapkannya. Pemerintah Amerika masih ikut campur dalam membuat kebijakan ekonomi di negaranya.

Dengan berbagai kekuarangan dalam sistem ekonomi kapitalis ini, terlebih adanya eksploitasi berlebihan terhadap sumberdaya manusia, maka kemudian lahirlah sistem ekonomi lain sebagai penentang kapitalisme. Sistem ekonomi tersebut adalah sosialis. Dalam sistem ekonomi sosialis ini, hak milik pribadi yang sangat dijunjung tinggi dalam kapitalisme justru tidak diakui. Masyarakat seharusnya memiliki kondisi ekonomi yang sama.

Kemudian lahir pula sistem ekonomi campuran yang mencoba meminimalisir segala kekurangan sistem ekonomi kapitalis maupun sosialis. Sistem ini banyak dianut di negara sedang berkembang saat ini.

Nah, ituah ulasan mengenai sistem ekonomi kapitalis. Kira-kira menurut Anda apakah cocok negara kita menggunakan sistem tersebut.