Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Syafii Antonio Sang Pelopor Ekonomi Syariah di Indonesia

Profil Syafii Antonio Sang Pelopor Ekonomi Syariah di Indonesia | Mungkin sebagian besar dari Anda tak mengenal nama Syafii Antonio. Namun, jika Anda disuruh untuk menyebutkan beberapa nama bank syariah, pasti mudah sekali. Benar bukan? Tahukah Anda, sebenarnya Syafii Antonio lah sosok di balik bank-bank syariah yang berdiri di Indonesia. Nah, sekarang jadi penasaran kan bagaimana kisah dan profil Syafii Antonio?

Biodata Syafii Antonio

Mungkin profil Syafii Antonio tak seterkenal para tokoh nasional di tanah air. Namun sosok Syafii Antonio juga tak kalah berjasa buat negeri ini. Syafii Antonio merupakan seorang WNI keturunan Tionghoa yang bernama asli Nio Cwan Chung. Beliau lahir pada tanggal 12 Mei 1967 di Sukabumi Jawa Barat. Nama lengkap beliau saat ini Dr. Muhammad Syafii Antonio, MEc

Syafii Antonio terlahir sebagai seorang Konghuchu dengan seorang ayah yang merupakan pendeta. Namun, kehidupan dan pergaulannya dengan teman-teman di lingkungan tempat tinggalnya membuat Beliau tertarik dengan ajaran agama Islam.

Hingga Beliau pun mulai menjalankan ibadah sholat dan pada usia 17 tahun beliau mantab masuk Islam meski saat itu Islam adalah agama yang dilarang oleh ayah beliau untuk dianut. Karna sang ayah pernah berpesan kepada Syafii Antonio, silahkan pilih agama apapun selain Islam. Tapi akhirnya beliau memilih Islam dan berjuang dijalan Islam.


Riwayat Pendidikan Syafii Antonio

Menjadi mualaf merupakan tantangan tersendiri bagi seorang Syafii Antonio. Walaupun berasal dari keluarga yang menganut paham kebebasan beragama, namun keluarganya sangat menentang jika Beliau sampai masuk agama Islam. Tapi untungnya Syafii Antonio bukanlah sosok yang gampang menyerah dalam memperjuangkan prinsip dan keyakinannya. Ia bahkan terus membuktikan diri sebagai seorang Muslim yang baik dan sungguh-sungguh menjalankan kewajiban Agamanya.

Profil Syafii Antonio dari segi pendidikan pun sangat layak untuk kita teladani. Pada tahun 1985 Beliau masuk pesantren tradisional An-Nizham di Sukabumi demi memperdalam ilmu dan pengetahuannya tentang Islam. Setelah 3 tahun berlalu, Beliau melanjutkan pendidikan ke ITB dan IKIP. Tidak lama kemudian Beliau justru pindah ke IAIN Syarif Hidayatullah. Sebelum lulus, Beliau bahkan harus pindah kuliah lagi ke University of Yourdan hingga lulus S1. Semua dilakukan demi ambisinya untuk memahami Islam dengan lebih baik dan utuh.

Setelah itu, Beliau melanjutkan kuliah S2 di International Islamic University (IIU) di Malaysia dengan jurusan ekonomi Islam. Setelah itu, Beliau bekerja dan mengajar di berbagai universitas di Indonesia. Selain itu, Beliau juga aktif membantu para Muslim Tionghoa dan para mualaf untuk mendapatkan informasi dan pembelajaran mengenai Islam. Ia kemudian mendapatkan gelar Doktor Banking and Microfinance dari University of Melbourne pada tahun 2004.

Syafii Antonio Sang Pelopor Ekonomi Syariah

Sistem perbankan Syariah di Indonesia tidak pernah bisa lepas dari sosok seorang Syafii Antonio. Profil Syafii Antonio dalam hal karir pun sangat menarik untuk disimak. Berbagai macam tugas dan tanggung jawab pernah diemban oleh Beliau. Yang mana beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Bergabung dengan Bank Muamalat yang merupakan bank berbasis syariah pertama di Indonesia. Ia membesarkan Bank Muamalat sebelum akhirnya memutuskan untuk mundur dari jabatannya 4 tahun kemudian.
  • Mendirikan Asuransi Takaful
  • Mendirikan Reksadan Syariah
  • Mendirikan Tazkia Group dan beberapa unit usaha berbasis ekonomi syariah.
  • Komite Ahli Pengembangan Perbankan Syariah di Bank Indonesia.
  • Dewan Komisaris Bank Syariah Mega Indonesia
  • Dewan Syariah BSM (Bank Syariah Mandiri)
  • Dewan Syariah asuransi Takaful
  • Dewan Syariah PNM
  • Dewan Syariah Nasional MUI

Selain segudang prestasi dalam bidang karir yang telah diraihnya tersebut, Syafii Antonio juga masih banyak berkiprah di bidang lain untuk memajukan perekonomian Syariah di Indonesia. Syafii Antonio hingga saat ini telah menerbitkan 12 buku tentang perbankan syariah. Atas semua jasanya itu, Syafii Antonio bahkan telah dianugrahi “Syariah Award” oleh Bank Indonesia. Berbagai penghargaan lain pun telah banyak diraihnya.

Itulah profil Syafii Antonio, sang pelopor perekonomian dan perbankan syariah di Indonesia. Semoga kita bisa meniru keteladanan Beliau. Website resmi beliau bisa dikunjungi di: www.syafiiantonio.com